Tenkû no shiro Rapyuta (1986)

Sutradara: Hayao Miyazaki

Penulis: Hayao Miyazaki

Genre: Animation, Adventure, Family

Rating: Parental Guidance (Dengan Bimbingan Orang Tua)

Durasi: 125 menit

Official Trailer

 

SPOILER ALERT!!!

 

First film of Studio Ghibli

Film ini adalah film pertama dari Studio Ghibli, studio legendaris Jepang yang didirikan pada musim panas 1985. Film ini menceritakan kisah seorang gadis sebatang kara yang bernama Lushita yang berusaha melarikan diri dari kejaran agen pemerintah, tentara dan sky pirates.

Film yang berjudul Castle in The Sky untuk versi Bahasa Inggrisnya ini, menggambarkan bagaimana Lushita di bantu oleh anak sebatang kara yang lain bernama Pazu. Film ini secara visual sangat memikat dengan gambaran tangan yang sangat detail. Dibutuhkan 69,262 “cels” tradisional dan 381 warna untuk membuat film ini.

A story of a girl fell from the sky    

Gadis yang jatuh dari langit itu ditolong oleh Pazu. Dimulailah petualangan yang seru melarikan diri dari semua pihak yang mengejar dan mencarinya. Lushita tidak mengetahui saat itu kalau silsilah keluarganya memiliki peranan yang sangat besar dalam petualangan menegangkan yang mereka alami. Pazu pun tidak mengetahui bahwa gadis yang ditolongnya itupun akan membawanya ke Laputa, sebuah kastil di langit. Ayah Pazu pernah suatu ketika melihat sekilas kastil tersebut namun tidak ada yang percaya akan cerita tersebut. Pazu ingin membuktikan jikalau semua yang diceritakan oleh ayahnya adalah kebenaran. Bagi Pazu, selain ingin membantu Shita, petualangan mereka merupakan petualangan mencari kebenaran.

Pihak pemerintah suatu ketika berhasil mendapatkan liontin peninggalan keluarga Shita. Liontin itulah kunci untuk menemukan Laputa, kastil yang melayang di angkasa dengan harta karun peninggalan keluarga Laputa. Orang-orang Laputa ratusan tahun yang lalu memiliki peradaban yang sangat maju, merekalah yang mampu membuat pulau melayang di angkasa. Tanpa alasan yang jelas mereka turun ke bumi dan meninggalkan kehidupan yang saat maju.

Pazu dan Shita memutuskan untuk melayani keluarga bajak angkasa pimpinan Dola untuk bisa mengejar Goliath, pesawat raksasa milik agen pemerintah dan tentara. Melalui perjuangan yang keras, akhirnya mereka sampai juga ke Laputa. Mereka disambut oleh robot ciptaan keluarga Laputa yang penuh dengan kasih sayang. Sebuah ironi berusaha digambarkan dari hal ini, bagaimana sebuah robot melindungi telur burung di suatu kebun, sedangkan manusia yang memiliki akal bisa berbuat kerusakan yang sangat besar karena harga diri dan keserakahan.

Agen pemerintah yang mengejar Shita ternyata juga memiliki agenda sendiri. Dengan kejam dia menyingkirkan tentara yang membantunya dengan kekuatan liontin yang mengendalikan kastil tersebut. Saat Shita dan Pazu berhasil merebut liontin tersebut mereka memutuskan untuk menggunakan mantra penghancur. Pazu pasti berpikir jikalau kekuatan yang ada di kastil ini terlalu besar untuk dimiliki oleh seorang atau sekelompok orang saja. Saat mengatakan mantra penghancur pun, Shita ditemani Pazu karena tidak seharusnya semua kehancuran itu dibebankan pada seseorang saja.

Film yang menginspirasi film Avengers: Age of Ultron ini diiringi oleh alunan musik dari maestro Joe Hisaishi yang begitu menyatu dengan filmnya. Dia memang sangat compatible bekerjasama dengan Hayao Miyazaki sensei. Film ini secara garis besar sangat menghibur, banyak aksi yang digambarkan dengan kocak pula. Lagu endingnya pun cukup menyentuh dengan lirik sederhananya.

Alyricnote1

 

My verdict: 4.5 out of 5 stars.

NB: Entah sudah berapa kali aku menonton film ini, tetapi setiap kali menontonnya, aku tetap saja dibuat takjub.. lagi dan lagi..  😊 Kali ini aku menontonnya dengan keluarga kecilku.. Semoga kelak anakku bisa memahami nilai-nilai luhur yang coba tunjukkan lewat film ini. Aamiin. Arigatou gozaimasu, Miyazaki sensei.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s